Perbedaan wordpress com vs wordpress org? pemahaman dalam blogging

Saya mengerti anda sedang bingung menentukan platform blog atau kebetulan baca, iseng ingin mengtahui apa perbedaan wordpress com vs wordpress org?  Hanya sebuah namanya saja tak asing dikalangan blogger seperti anda tetapi kegunaan dalam fitur keunggulannyalah berbeda sebab itulah yang perlu anda ketahui.
Bagi anda yang mempunyai tujuan membuat blog, blogging untuk bisnis online dan menghasilkan uang dari blog saya sarankan menggunakan platform profesional seperti wordpress.org (self hosted).

Oke santai tarik nafas, dalam postingan ini saya akan menjelaskan mungkin singkat tentang perbedaan wordpress com dengan wordpress org.

Apa itu wordpress(dot)com? 

WordPress com adalah penyedia layanan blog gratis ditawarkan oleh Automattic, dapat memungkinkan orang untuk membuat atau bermulai mengenal blog.

Bagi pengguna platform gratis ini pasti memiliki alamat situsnya seperti “namasitus.wordpress.com” (wordpressnya ikutan ada) sarannya saya cukup sempurna untuk anda yang baru pemula menjadi blogger lebih baik gunakan platform wordpress com sebagai tempat menulis pribadi atau pembelajaran penulis blog.

Namun dalam platform wordpress com anda memiliki banyak keterbatasan untuk mengelola blog yaitu anda tidak dapat menginstal plugin dari pihak ketiga, dan pilihan tema hanya beberapa.

Khusus anda ketahui, menggunakan wordpress com itu baik sebagai sarana media menulis tentang pribadi, hal cerita pengalaman maupun sesuatu ilmu mudah berbagi antar individual melalui online.

Tetapi wajib anda ketahui pula, ini sangat tidak baik bagi anda yang berencana menggunakan wordpress com sebagai penghasil uang dari blog pihak ketiga (iklan), perusahaan melakukan pemasaran,serta tujuan program afiliasi.

Apa itu wordpress(dot) org?

WordPress.org adalah perkembangan dari wordpress.com jika anda blogger yang membuat blog untuk menghasilkan uang dari platform tersebut, membangun bisnis online dan e-commerce ini adalah solusi pilihannya.

lebih baiknya untuk memudahkan anda menyimpan data harus menggunakan hosting dengan cara menginstal wordpress tersebut pada hosting terpercaya banyak tawaran tetapi harus yakin yaa. 🙂

Kelebihannya dibanding wordpress com adalah tidak memiliki alamat situs dengan memiliki sub domain tetapi “namasitusanda.com” jadi tidak memakai wordpress.com (sub domain).

Saya akan memberikan penjelasan tentang perbedaan wordpress.com vs wordpress.org (self hosted) agar anda mengetahui fitur serta keunggulan kedua varian wordpress.

Pertama simak, WordPress.org (self hosted) mempunyai antarmuka sama yaitu dashboard sebagai pengelolaan dalam blog. 

Memberikan kontrol penuh terhadap penggunanya sehingga menghapus semua kwterbatasan yang ada dalam wordpress.com dengan kelebihan kamu bisa menginstal tema dari luar (pihak ketiga) ,instal plugin serta menggunakan. Ditunggu akhirnya tiba lah kamu bisa mendapatkan uang dari blog melalui program adsense,afilisasi dan sebagainya.

Memodifikasi desain blog dengan leluasa kini memungkinkan membangun pemforma baik dengan pengoprasiannya yang mudah.

Pernah lihat tidak forum blog? Ini adalah salah satu penyedia tempat ngeblog juga yang dapat digunakan lebih dari satu orang (multi-user). Dalam membangun blog anda bisa memiliki sebuah tim atau isinya sebagai sarana komunitas online.

Mungkin bagi anda wordpress.com dapat mudah dipahami fitur dan keunggulannya jadi gausah saya tuliskan yaa hehe lumayan cape ngetik. Saya harap dapat bermanfaat bagi blogger seperti anda mengetahui hal diatas tersebut.

Sekian dalam postingan yang dibahas tentang perbedaan kedua varian wordpress, jika ada sesuatu hal mungkin ingin ditanyakan silahkan bertanya dan jangan ragu karna kami siap menjawab dengan jawaban dari kemampuan terkuasai oleh diri.

Tinggalkan komentar